MENYELAMI PERBEDAAN AKIDAH: ASY’ARIYAH, MATURIDIYAH & SALAFIYAH DALAM LINTASAN SEJARAH

Seminar Penerangan Isu-isu Fatwa Peringkat Negeri Perlis 2024

Oleh: 
Shahibus Samahah Dato Prof. Dr. MAZA
Mufti Kerajaan Negeri Perlis

Dalam sejarah panjang umat Islam, perbedaan bukan hal baru — dan bukan pula sesuatu yang harus selalu dibenturkan. Sebab sejak generasi sahabat, ulama dan para imam besar, khilaf (perbedaan) adalah bagian dari dinamika pemahaman dan pendekatan terhadap dalil. Ceramah ini mengajak kita menyelami dengan lebih jernih:

  • Apa akar dari perbedaan antara mazhab akidah seperti Asy’ariyah, Maturidiyah dan Salaf?
  • Mengapa sebagian isu ini muncul belakangan dan bukan di zaman Nabi ﷺ?
  • Bagaimana kita bisa bersikap dewasa dan tetap menjaga ukhuwah walau berbeda pandangan?

Di tengah dunia yang semakin bising dengan debat dan label, mari kita luangkan waktu untuk mendengar dengan hati dan pikiran terbuka. Karena bisa jadi... yang kita anggap berbeda, justru menyimpan titik temu yang indah.

📌 Ringkasan Isi Ceramah:

1. Nabi ﷺ Mengajarkan Strategi dan Hikmah dalam Merespons Isu

  • Contoh: Nabi tidak membangun kembali Ka'bah sesuai struktur Nabi Ibrahim karena khawatir akan menimbulkan salah paham di kalangan Quraisy yang baru masuk Islam.
  • Ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan kondisi umat dalam menyampaikan kebenaran.

2. Isu Teologis Tidak Diperdebatkan oleh Quraisy

  • Quraisy tidak mempertentangkan konsep “Allah di langit” karena fitrah manusia menerimanya.
  • Perdebatan mendalam tentang sifat Allah baru muncul setelah masuknya filsafat Yunani dalam dunia Islam.

3. Masuknya Ilmu Kalam & Filsafat Yunani Memicu Perdebatan Baru

  • Konsep-konsep seperti “kalam nafsi”, “zat Tuhan”, dan lain-lain muncul sebagai reaksi terhadap filsafat.
  • Muncullah mazhab-mazhab seperti Mu’tazilah, lalu Asy’ariyah dan Maturidiyah sebagai upaya menjaga akidah.

4. Kebingungan Masyarakat Awam dalam Memahami Istilah

  • Banyak orang tidak benar-benar memahami apa itu Asy’ari atau Salafi.
  • Namun debatnya mencuat karena praktik-praktik agama seperti ziarah kubur, tawassul, dan lainnya yang lebih kasat mata.

5. Fatwa Negeri Perlis: Menegaskan Tanpa Menyesatkan

  • Mengikuti akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan pendekatan Ahlul Hadis.
  • Tidak menyesatkan Asy’ariyah dan Maturidiyah, tetapi membuka ruang diskusi dengan adab dan ilmu.

6. Menolak Ekstremisme dari Semua Arah

  • Baik yang menolak tawassul maupun yang menyalahgunakan ziarah, semua harus dinilai dengan prinsip dasar akidah yang lurus dan moderat.
  • Tidak layak mengkafirkan atau memutus ukhuwah hanya karena perbedaan pendekatan.

7. Persaingan Lembaga Kadang Menyulut Konflik

  • Sebagian pertentangan bukan murni karena dalil, tapi karena perebutan pengaruh antara institusi dan kelompok.

8. Kembali ke Manhaj Salaf dengan Tenang

  • Generasi awal (Salaf) mengajarkan kita untuk menerima dalil sebagaimana adanya, dengan pemahaman yang lurus, sederhana, dan tidak mengada-ada.
  • Titik temu bisa terjadi jika semua pihak bersedia belajar dan mendengar tanpa prasangka.

----


KEPUTUSAN MESYUARAT JAWATANKUASA FATWA NEGERI PERLIS KALI KE-67/2024 22-23 MAC 2024 / 11-12 RAMADAN 1445

Bil. 1/67 TAHUN 2024

الموقف من الاختلافات في عقيدة أهل السنة والجماعة

PENDIRIAN TERHADAP PERBEDAAN DALAM AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL-JAMA'AH

العقيدة الواجب اتباعها على المسلمين هي عقيدة أهل السنة والجماعة. وفي نفس الوقت نعترف بوجود اختلافات في تفسير علماء أهل السنة والجماعة في مسائل الفروع (شعب) العقيدة.

Aqidah yang wajib diikuti oleh umat Islam adalah aqidah Ahl al-Sunnah wa al-Jamā'ah. Dalam masa yang sama kita mengakui wujud perbezaan tafsiran ulama Ahl al-Sunnah wa al-Jamā'ah dalam perkara-perkara furū’ (cabang) aqidah.

العقيدة التي يجب اعتمادها من قبل أهل السنة والجماعة هي من المدرسة الأثرية (أهل الحديث) أو أهل الأثر (أهل الأثر)، لأن ذلك يتبع منهج السلف الصالح.

Aqidah Ahl al-Sunnah wa al-Jamā'ah yang dipilih untuk dijadikan pegangan adalah aliran Ahl al-Hadīth (أهل الحديث) atau Ahl al-Athar (أهل الأثر), kerana itu lebih mengikuti manhaj al-Salaf al-Ṣālih (السلف الصالح).

وفي نفس الوقت، فإن هذا الموقف لا يضلل أو يكفر أي مذهب أو مدرسة فكرية أخرى ضمن عقيدة أهل السنة والجماعة، وهي الأشاعرة والماتريدية. هذا الموقف لا يمنعنا من مناقشة القضايا الفرعية للعقيدة بشكل ودي دون عداء. يجب أن نتعامل مع أتباع هذه المذاهب كإخوة في الإسلام ونتعاون دائمًا في الأمور المتفق عليها ونتسامح في الأمور المختلف فيها.

Dalam masa yang sama pendirian ini tidak menyesatkan apatah lagi mengkafirkan aliran/mazhab lain dalam aqidah Ahl al-Sunnah wa al-Jamā'ah iaitu al-Asyā‘irah dan al-Māturīdiyyah. Pendirian ini tidak menghalang untuk kita berdiskusi secara harmoni dalam isu-isu furū’ aqidah tanpa permusuhan. Kita hendaklah bermuamalat dengan pengikut aliran-aliran tersebut sebagai saudara seIslam dan sentiasa bekerjasama dalam perkara yang disepakati serta bertoleransi dalam perkara yang diperselisihkan.

الرأي/التعليمات التي تتعارض بوضوح مع الأمور الأساسية للعقيدة (أصول العقائد) من أي جهة كانت يجب رفضها وبيان بطلانها، دون النظر إلى خلفية المجموعة أو القائل بها.

Pendapat/ajaran yang jelas bertentangan dengan perkara-perkara prinsip aqidah (أصول العقائد) daripada pihak mana pun wajib ditolak dan dijelaskan kebatilannya, tanpa memandang latar belakang kelompok dan pengucapnya.

أهل السنة والجماعة، مع تنوع مذاهبهم، ينبغي أن يتمكنوا من بناء الأخوة والتعاون الأقوى لمواجهة التحديات المتعددة من التيارات الضالة والتهديدات ضد الأمة.

Ahl al-Sunnah wa al-Jamā'ah dengan kepelbagaian aliran sepatutnya dapat membangun ukhuwwah dan kerjasama yang lebih kuat dalam menghadapi pelbagai cabaran daripada aliran sesat dan ancaman terhadap umat.

- TAMAT -


KEHADIRAN DAN PERSETUJUAN OLEH:
  1. Sahibus Samahah Profesor Dato’ Arif Perkasa Dr Mohd Asri Bin Zainul Abidin
  2. Sahibul Fadhilah Ustaz Tajul Urus bin Abdul Halim
  3. Sahibul Fadhilah Profesor Dr. Muhamad Rozaimi bin Ramle
  4. Sahibul Fadhilah Profesor Dr. Basri bin Ibrahim
  5. Sahibul Fadhilah Dr. Hj Zaharuddin bin Hj Abdul Rahman
  6. Sahibul Fadhilah Profesor Dr. Azman Bin Mohd Noor
  7. Sahibul Fadhilah Prof Madya Dr. Mohd Akram bin Dato’ Dahaman @ Dahlan
  8. Sahibul Fadhilah Dr. Ahmad Sufian bin Che Abdullah
  9. Sahibul Fadhilah Prof Madya Dr Ahmad Wifaq Bin Mokhtar
  10. Sahibul Fadhilah Ustaz Syed Abu Bakar bin Syed Kamal Bharin
  11. Sahibul Fadhilah Dr. Muhammad Lukman bin Mat Sin
  12. Sahibul Fadhilah Dr Zaitun bin Rasmin
  13. Sahibul Fadhilah Ustaz Aidil bin Abdul Rahman
  14. Al-Fadhil Ustaz Muhammad Khidhir bin Abdul Ghani - Setiausaha
DIPERAKUKAN / TIDAK DIPERAKUKAN* dalam Persidangan Mesyuarat Majlis Agama Islam dan Adat Istiadat Melayu Perlis Bil 3 / 2024 pada 20 Mei 2024.

DIPERSETUJUI / TIDAK DIPERSETUJUI* untuk DIWARTAKAN dalam Persidangan Mesyuarat Majlis Agama Islam dan Adat Istiadat Melayu Perlis Bil 3 / 2024 pada 20 Mei 2024.