SIAPA YANG TEPAT DALAM MEMAHAMI SIFAT ALLAH?
โจ Haruskah sifat Allah ditetapkan
semuanya? Ataukah menafikan seluruh sifat adalah pilihan yang lebih aman? Siapa
sebenarnya yang benar di antara berbagai kelompok pemikiran Islam?
Dialog ini membahas perdebatan tajam tentang nama dan sifat Allah antara kelompok-kelompok seperti Muktazilah, Jahmiyah, Filsuf, Asyโariyah, dan Ahlus Sunnah Wal Jamaโah.
Apa yang akan Anda temukan dalam dialog ini:
๐ก Muktazilah dan
pendekatan mereka:
Kelompok ini menetapkan nama-nama Allah tanpa makna dan menolak sifat-sifat-Nya
dengan alasan untuk menghindari penyerupaan dengan makhluk, tetapi sering
mendapat kritik tajam dari kelompok lain karena logika mereka dianggap tidak
konsisten.
๐ก Asyโariyah dan
Maturidiyah di tengah persimpangan:
Dua mazhab ini menetapkan sebagian sifat seperti hidup, ilmu, kuasa, kehendak,
mendengar, melihat, dan berbicara, tetapi menolak sifat-sifat lainnya seperti
turun atau tertawa. Mereka dianggap mencoba menjembatani logika dan teks wahyu,
tetapi tetap dikritik karena menolak sebagian sifat Allah yang jelas terdapat
dalam nas.
๐ก Ekstremisme
Jahmiyah:
Kelompok ini menafikan semua nama dan sifat Allah, menyerupakan-Nya dengan
sesuatu yang tidak ada (ุงูู
ุนุฏูู
),
sehingga mendapat kritik keras karena menyimpang dari iman kepada Allah sebagai
Rabb yang sempurna.
๐ก Filsuf dan
pendekatan logika mereka:
Dengan menggunakan logika abstrak, filsuf berusaha menjelaskan Allah dengan
cara yang seringkali membingungkan dan jauh dari tuntunan wahyu. Pendekatan
mereka mendapat tantangan besar dari Ahlus Sunnah.
๐ก Keseimbangan Ahlus
Sunnah Wal Jamaโah:
Ahlus Sunnah menetapkan semua nama dan sifat Allah berdasarkan Al-Qur'an dan
Hadis, tanpa menyerupakan-Nya dengan makhluk (tasybih) atau menafikan
sifat-sifat-Nya (taโthil). Dengan berpegang pada firman Allah:
"ููููุณู ููู ูุซููููู ุดูููุกู ูููููู ุงูุณููู ููุนู ุงูุจูุตููุฑู"
(Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi
Maha Melihat). (QS Asy-Syura: 11)
๐ฅ Siapa yang berada di
jalan kebenaran?
Baca dialog ini untuk memahami argumen setiap kelompok dan lihat bagaimana
Ahlus Sunnah berdiri kokoh dengan pendekatan yang seimbang, lurus, dan
berdasarkan wahyu yang otentik. Apakah keyakinan Anda selama ini sudah
benar? Temukan jawabannya sekarang!
ูุฃุชู ุจู ุซุงูุ ุงุณู ุน ูุฃุชู ู ุนุชุฒูู ููุญุงุฌุฌ ู ูุ ูุญุงุฌุฌ ุฃุดุนุฑู ูู ุง ุชุฑูุฏู ูุฐุง ุงูู ุนุชุฒูู ูุณุฃู ุงูุฃุดุนุฑู ู ุงุฐุง ุชุซุจุช ูู ุงุฐุง ุชููู ู ู ุฃุณู ุงุก ุงููู ูุตูุงุชูุ ูููู ุฃูุง ุฃุซุจุช ุงูุฃุณู ุงุก ูููุง ูุฃุซุจุช ุณุจุนุง ู ู ุงูุตูุงุช ู ุง ูู ูุฐู ุงูุตูุงุชุ ูุนู ุงูุญูุงุฉ ูุงูุนูู ูุงููุฏุฑุฉ ูุงูุณู ุน ูุงูุจุตุฑ ูุงูููุงู ูุงูุฅุฑุงุฏุฉ ูุณุฃูู ุชุซุจุชูุง ุนูู ู ุง ูููู ุจุงููู ุฃู ูู ุง ุฃููุง ููู ุฎูููููุ ูููู ูุง ุฃุซุจุช ูุฐู ุงูุตูุงุช ูู ุง ูููู ุจุงููู ุนุฒ ูุฌู ูููู ูุจููุฉ ุงูุตูุงุชุ ูููู ูุง ุฃุซุจุชูุง ูุง ูู ุงุฐุงุ ูููู ุฅุฐุง ุฃุซุจุช ุจููุฉ ุงูุตูุงุช ูุงูุชุนุฌูุจ ูุงููุฒูู ุขุฎุฑ ุงูููู ูุถุญู ุงููู ุนุฒ ูุฌู ุฃููู ุดุจูุชู ุจุงูู ุฎููููู ูููู ูู ุงูู ุนุชุฒูู ูุญุงุฌุฌู ูููู ุฅู ุง ุฃู ุชุซุจุช ุงูุตูุงุช ูููุง ูุฅู ุง ุฃู ุชููููุง ูู ุงุฐุง ุฃุซุจุช ูุฐู ุงูุณุจุน ููู ุชุดุจู ุงูุฎุงูู ุจุงูู ุฎููู ูุฅุฐุง ุฃุซุจุช ุงูุจููุฉ ุดุจูุช ุงูุฎุงูู ุจุงูู ุฎููู ุฅู ุง ุฃู ุชุซุจุช ุงูุตูุงุช ูููุง ุชููู ู ู ุฃูู ุงูุณูุฉ ูุฅู ุง ุฃู ุชููู ุงูุตูุงุช ูููุง ูุชููู ู ุงุฐุงุ ุชููู ู ุนุชุฒููุง ู ุซูู ููุท ุฃุซุจุช ู ุงุฐุงุ ูุนู ุฃุซุจุช ุงูุฃุณู ุงุก ููุง ุฃุซุจุช ุงูุตูุงุช ูุญุงุฌุฌู ูุฃุชู ู ู ููุงู ุฌูู ู ูููู ุฃูุช ุงูู ุนุชุฒูู ู ุงุฐุง ุชุซุจุช ูู ุงุฐุง ุชูููุ ูููู ุฃุซุจุช ุงูุฃุณู ุงุก ุจูุง ู ุนูู ููุง ุฃุซุจุช ุดูุฆุง ู ู ุงูุตูุงุช ูููู ูู ููู ุชุซุจุช ูุฐู ุงูุฃุณู ุงุกุ ุฃู ุง ุชุฎุดู ุฃู ุชูุน ูู ุชุดุจููุ ุฃููุณ ุงูุฅูุณุงู ูุฐูู ูู ู ุซู ูุฐู ุงูุฃุณู ุงุกุ ูุงูุฑุจ ูู ู ุซู ูุฐู ุงูุฃุณู ุงุกุ ุฃู ุง ุชุฎุดู ุงููููุน ูู ุงูุชุดุจููุ ูุฅู ุง ุฃู ุชููู ุงูุฃุณู ุงุก ูููุง ูุตูุงุช ูููุง ูุชููู ุฌูู ูุง ู ุซูู ูุฅู ุง ุฃู ุชุซุจุชูุง ูููุง ูุชููู ูุฑุฏุง ู ู ุฃูู ุงูุณูุฉุ ูููู ุนููู ุญุฌ ุฃููุณ ูุฐููุ ุงูุขู ู ู ุงูู ุชุงุญุ ุงูุฌูู ู ูุฃุชู ู ู ููุงู ูุฑุฏ ู ู ุงูููุงุณูุฉ ูููู ุฃูุช ุฃููุง ุงูุฌูู ู ู ุงุฐุง ุชุซุจุช ูู ุงุฐุง ุชูููุ ูููู ุฃููููุง ูููุง ูุง ุฃุซุจุช ูุง ุฃุณู ุงุก ููุง ุตูุงุช ูููู ูู ุงุชู ุงููู ูุง ุฑุฌู ุฃูุช ุดุจูุช ุงูุฑุจ ุฌู ูุนูุง ุจุงูู ุนุฏูู ุงูู ุนุฏูู ูุง ุฃุณู ุงุก ูู ููุง ุตูุงุช ูููู ูู ุฃุฎุจุฑูู ู ุง ุงูู ุฎุฑุฌ ู ุงุฐุง ุฃูุนูุ ูููู ูู ุงูุนู ู ุซูู ูููุ ุฃุซุจุช ููุง ุฃุซุจุช ุฃููู ููุง ุฃููู ูููุ ุชููู ุฃูู ุฌู ูุนูุง ุญู ูุง ู ูุช ูุงุฏุฑ ูุง ุนุงุฌุฒ ุณู ูุน ุบูุฑ ุณู ูุน ุจุตูุฑ ุบูุฑ ุจุตูุฑ ูุณู ุนูู ูุฑุฏ ู ู ุฃูู ุงูุณูุฉ ูููู ููู ูุฐุงุ ุงุชู ุงููู ูุง ู ู ุชููู ุฃูุง ู ู ุงูููุงุณูุฉ ุฃูุช ูุตูุช ุงููู ุนุฒ ูุฌู ุจุงูู ู ุชูุน ู ู ูู ููุณ ุจุฏุงุฎู ููุง ุฎุงุฑุฌ ููุง ููู ููุง ุฏุงุฎู ููุง ุฃู ุงู ููุง ุฎูู ููุง ุญู ููุง ู ูุช ูุฐุง ู ู ุชูุน ูุง ููุฌุฏ ุดูุก ุจูุฐุง ุงููุตู ูููู ูุณุฃููู ุงูุณููู ุฃุฎุจุฑูุง ุฃูุช ู ุงุฐุง ููุนู ุจุงูุฅุซุจุงุช ูู ุงุฐุง ููุนู ููู ุฃู ูููู ูููู ุงูุนู ู ุง ูููู ุงููู ุนุฒ ูุฌู ููุณ ูู ุซูู ุดูุก ููู ุงูุณู ูุน ุงูุจุตูุฑ ุชุซุจุชูู ูุนูุฏ ุงูุฅุซุจุงุช ุชุชุฌูุจูู ุงูุชุดุจูู ูุงูุชู ุซูู ูุนูุฏู ุง ุชูููู ุนู ุงููู ู ุง ูุง ูููู ุจู ุชุชุฌูุจูู ุงูุชุนุทูู ููุณ ูู ุซูู ุดูุก ูู ุง ูุงู ุนุฒ ูุฌู ุซู ุฃุซุจุช ููู ุงูุณู ูุน ุงูุจุตูุฑ ุชุซุจุชูู ููุฐุง ูุชูููู ููุฐุง ููููู ุนูููู ุงูุญุฌุฉ ุฌู ูุนุง ูุฐุง ู ุซุงู ุจุณูุท ูููู ุฃุญูุงู ูุฐู ุงูุทูุงุฆู ุงูู ูุญุฑูุฉ ุงูุถุงูุฉ ุงูู ุฎุงููุฉ ูู ุฐูุจูุง ููุณูุฉ ูุงูุฌู ุงุนุฉ ุฃุณุฃู ุงููู ุนุฒ ูุฌู ุฃู ููุจุตุฑูุง ูู ุฏูููุง ูุงูุญู ุฏ ููู ุฑุจ ุงูุนุงูู ูู
Seorang Muktazilah datang untuk berdialog dengan seorang
Asyโari atau Maturidi.
Muktazilah:
"Apa yang engkau tetapkan dan apa yang engkau nafikan dari nama-nama dan
sifat-sifat Allah?"
Asyโari/Maturidi:
"Aku menetapkan semua nama-nama Allah dan aku menetapkan tujuh
sifat."
Muktazilah:
"Apa saja tujuh sifat itu?"
Asyโari/Maturidi:
"Kehidupan (ุงูุญูุงุฉ),
ilmu (ุงูุนูู
),
kekuasaan (ุงููุฏุฑุฉ),
pendengaran (ุงูุณู
ุน),
penglihatan (ุงูุจุตุฑ),
ucapan/kalam (ุงูููุงู
),
dan kehendak (ุงูุฅุฑุงุฏุฉ)."
Muktazilah:
"Engkau menetapkannya sesuai dengan apa yang layak bagi Allah atau seperti
sifat-sifat makhluk?"
Asyโari/Maturidi:
"Tidak, aku menetapkan sifat-sifat tersebut sebagaimana yang layak bagi
Allah โAzza wa Jalla."
Muktazilah:
"Bagaimana dengan sifat-sifat lainnya?"
Asyโari/Maturidi:
"Aku tidak menetapkannya."
Muktazilah:
"Mengapa tidak?"
Asyโari/Maturidi:
"Jika aku menetapkan sifat-sifat seperti keheranan (ุงูุชุนุฌูุจ), turun-Nya Allah di
akhir malam, atau tertawa-Nya Allah, maka aku akan menyerupakan Allah dengan
makhluk."
Muktazilah:
"Kalau begitu, engkau harus memilih: menetapkan semua sifat sebagaimana
dilakukan oleh Ahlus Sunnah, atau menafikan semuanya sehingga engkau menjadi
seorang Muktazilah seperti aku. Aku hanya menetapkan nama-nama Allah tanpa
menetapkan sifat-sifat-Nya. Mengapa engkau menetapkan tujuh sifat itu tanpa
menyerupakan Allah dengan makhluk, tetapi engkau tidak menetapkan sifat-sifat
lainnya karena merasa menyerupakan Allah dengan makhluk?"
Kemudian datang seorang Jahmiyah dan berdialog dengan
seorang Muktazilah.
Jahmiyah:
"Wahai Muktazilah, apa yang engkau tetapkan dan apa yang engkau
nafikan?"
Muktazilah:
"Aku menetapkan nama-nama Allah, tetapi tanpa makna. Aku tidak menetapkan
sifat-sifat Allah."
Jahmiyah:
"Bagaimana engkau menetapkan nama-nama tersebut? Bukankah manusia juga
memiliki nama-nama serupa? Apakah engkau tidak takut terjatuh dalam tasybih
(penyerupaan)? Engkau hanya memiliki dua pilihan: menafikan semua nama dan
sifat seperti aku sehingga menjadi seorang Jahmiyah, atau menetapkan semuanya
sebagaimana dilakukan oleh Ahlus Sunnah."
Kemudian datang seorang filsuf yang berdialog dengan seorang
Jahmiyah.
Filsuf:
"Wahai Jahmiyah, apa yang engkau tetapkan dan apa yang engkau
nafikan?"
Jahmiyah:
"Aku menafikan semuanya, baik nama maupun sifat Allah."
Filsuf:
"Takutlah kepada Allah! Engkau telah menyerupakan Allah dengan sesuatu
yang tidak ada (ุงูู
ุนุฏูู
).
Bukankah sesuatu yang tidak ada itu tidak memiliki nama maupun sifat? Apa jalan
keluarnya?"
Jahmiyah:
"Lalu, apa yang harus aku lakukan?"
Filsuf:
"Lakukan seperti aku. Jangan menetapkan apapun dan jangan menafikan
apapun. Katakan saja bahwa Allah tidak hidup atau mati, tidak mampu atau tidak
berdaya, tidak mendengar atau tuli, tidak melihat atau buta."
Kemudian datang seorang Ahlus Sunnah yang berdialog dengan
semua golongan tersebut.
Ahlus Sunnah:
"Bagaimana mungkin engkau berkata seperti itu? Takutlah kepada Allah!
Wahai engkau yang mengaku filsuf, engkau telah menggambarkan Allah dengan
sesuatu yang mustahil. Allah bukan berada di dalam atau di luar, bukan di atas
atau di bawah, bukan di depan atau di belakang, bukan hidup atau matiโini
adalah deskripsi yang tidak masuk akal. Tidak ada sesuatu pun yang sesuai
dengan deskripsi seperti itu."
Ahlus Sunnah melanjutkan:
"Lakukanlah sebagaimana yang Allah firmankan:
ููููุณู ููู ูุซููููู ุดูููุกู ูููููู ุงูุณููู ููุนู ุงูุจูุตููุฑู
(Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan-Nya, dan Dia Maha Mendengar lagi
Maha Melihat).
Ketika menetapkan sifat-sifat Allah, hindarilah penyerupaan
(tasybih) dan penyamaan (tamtsil). Ketika menafikan sesuatu dari Allah,
hindarilah sikap meniadakan sifat-Nya (taโthil). Sebagaimana firman Allah: "Laisa
kamitslihi syai'un wa huwa as-sami'ul basir", maka tetapkanlah bahwa
Dia adalah Maha Mendengar dan Maha Melihat. Lakukanlah dengan cara ini:
menetapkan sifat yang layak bagi Allah dan menafikan apa yang tidak pantas
bagi-Nya."
Dengan cara ini, Ahlus Sunnah mendirikan hujjah terhadap
semua golongan yang menyimpang ini. Ini adalah contoh sederhana untuk memahami
kondisi kelompok-kelompok yang menyimpang dan sesat, yang bertentangan dengan
manhaj Ahlus Sunnah wal Jamaโah.
Aku memohon kepada Allah agar Dia memberikan kita pemahaman
dalam agama ini. Segala puji hanya bagi Allah, Rabb semesta alam.